Kamis, 02 Mei 2013

AJARAN BUDHA, SIDHARTA GAUTAMA


Agama Budha adalah salah satu  agama yang asalnya dari India dan telah diakui keberadaannya di Indonesia dengan jumlah pemeluknya kurang lebih ... dari jumlah penduduk Indonesia. Menurut buku sejarah awal  mula berkembangnya agama Budha yang dibawa oleh Sidharta Gautama  dimulai dari desa Sarnath dekat kota Benaresh India. Setelah beliau merasa menerima wahyu didalam semedhinya di bawah pohon Bodhi didesa Gaya beliau menyampaikan ajaran/ khutbahnya yang pertama ditaman Rusa yang dikenal dengan empat kebenaran utama.

Kitab suci agama Budha disebut Tri Pitaka yang artinya tiga keranjang. Kitab tersebut dinamakan demikian karena memang terdiri dari tiga himpunan, masing masing terdiri dari pokok pokok ajaran Budha. Bahasa yang digunakan dalam kitab ini adalah bahasa Pali India.

Atas perjuangan yang gigih para dhamma (penganut agama Budha)  kurang lebih 25 tahun, maka akhirnya oleh pemerintah Indonesia agama Budha diakui sebagai salah satu agama resmi di indonesia dan hal itu ditandai dengan telah ditetapkannya sejak tahun 1983, hari raya waisyak sebagai hari libur nasional.

Agama Budha kalau diklasifikasikan termasuk agama ukhrowi hal tersebut bisa kita pahami dari kitab sucinya yang merupakan tulisan atau hasil ciptaan  manusia, sedangkan agama samawi kitab sucinya diaturunkan langsung dari firman Tuhan yang berupa suhuf atau wahyu yang disampaikan langsung kepada para nabi melalui malaikat Jibril.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar