Sabtu, 09 Maret 2013

TIPS MENGEMPUKAN DAGING SAPI

Suatu saat seorang ibu dari Semarang bertanya kepada Mas Rudi Choirudin : " Mas, bila saya masak lauk  yang terbuat dari daging sapi mengapa daging yang saya masak sering kali terasa alot, Bagaimana caranya membuat daging menjadi empuk dan enak ?".

Maka dijawab oleh Mas Rudi Choirudin : " Caranya mudah bu, kalau Ibu lagi masak daging, sebaiknya daging direbus dengan air yang cukup dalam panci tertutup dengan api sedang. Dengan cara demikian kita bisa mengontrol daging hingga menjadi empuk. Apabila airnya berkurang Ibu boleh menambah air tapi gunakan air panas jangan  air dingin agar kondisi daging tetap empuk. Sebaliknya, bila kita menambah dengan air dingin daging akan menjadi keras kembali. Menggunakan api sedang untuk merebus, maksudnya agar air tidak mudah habis dan kita masih dapat kaldu yang cukup.

Masaklah dengan panci tertutup dengan  air kurang lebih setengah  panci agar uap yang panas tidak terbuang sia sia,  panas ini dapat membantu mengempukkan daging. dan yang penting nutrisi tidak terbuang bersama uap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar