Rabu, 20 Februari 2013

TIPS HEMAT MENGGUNAKAN AC KAMAR TIDUR



Tidur dengan menggunakan air conditioner memang sangat nyaman apalagi di musim kemarau atau dihari hari yang udaranya gerah, namun tanpa kita sadari menggunakan AC yang berlebihan siang dan malam membuat kita terperanjat,
ketika akhir bulan datang tagihan rekening listrik membengkak, Alamak ?
 

Untuk itu sebaiknya kita gunakan AC seperlunya saja ketika membutuhkan, Ada beberapa tips yang kita bisa gunakan untuk menghemat biaya tersebut antara lain :


  1. Gunakanlah pengatur waktu/ timmer yang ada diremote control, stel timmer saat hendak tidur sehingga AC (air conditioner) otomatis mati sekitar 2 – 3  jam setelah kita terlelap. Meski AC telah mati ruangan akan tetap sejuk hingga beberapa saat. 
  2. Matikan AC jika ruangan tidak digunakan dalam waktu lama.
  3. Untuk aktivitas sehari-hari, atur suhu AC yang paling optimal dari sisi kenyamanan dan pemakaian energi (tidak lebih dingin dari 24 °C), yaitu 3-5°C lebih rendah dari suhu di luar ruangan) . Ingat: setiap kenaikan temperatur 1°C dapat menurunkan konsumsi energi sebesar 3-5% (BPPT). Lumayan! 
  4. Lakukan pemeliharaan rutin seperti membersihkan filter AC, coil kondensor, dan sirip AC paling tidak 3 bulan sekali. Terganggunya sirkulasi udara karena debu yang menumpuk, menyebabkan kondensor mengkonsumsi lebih banyak listrik. 
  5. Ganti AC yang berusia tua,  Kenapa? Karena AC yang telah berusia 10 atau lebih umumnya membutuhkan konsumsi listrik hingga 30-50% lebih besar dibandingkan AC dengan teknologi terbaru. 
  6. Usahakan pintu, jendela, dan ventilasi udara tertutup saat AC dinyalakan, karena bila terbuka ac akan membutuhkan energi yang sangat besar untuk mendinginkan seluas daerah yang terbuka.

Dikutip dari : jadigitu.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar