Minggu, 20 Januari 2013

LEGENDA PANTAI PARANG TRITIS



Pantai ini terletak ditepi samudra Indonesia tepatnya 45 Km sebelah selatan kota Yogyakarta. Pantai ini sangat populer bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Untuk mencapai pantai ini sangatlah mudah karena akses jalan dan kendaraan umum  menuju pantai tersebut tersedia cukup banyak. Kalau kita berangkat dari Yogya hanya memerlukan waktu kurang lebih 45 menit untuk sampai disana.


Pantai yang menjadi salah satu primadona  wisata di Yogyakarta dan Propinsi Jawa Tengah ini sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja. Pastikan obyek ini menjadi agenda kunjungan wisata anda kalau sedang berkunjung di Yogyakarta. Keunikan pantai ini adalah gundukan pasirnya yang indah seperti dipadang pasir sehingga obyek wisata ini sempat beberapa kali dijadikan tempat shooting film layar lebar. Begitu juga air tanah yang pada umumnya ditepi pantai semuanya terasa asin namun di daerah pantai ini airnya terasa tawar. Bagi wisatawan yang ingin bermalam di Parang Tritis sudah banyak tersedia hotel atau penginapan yang berkelas atau yang sederhana.

Dipantai ini pengunjung bisa menikmati panorama indahnya deburan pantai selatan sambil menikmati es kelapa muda ditenda tenda penjual makanan  dan minuman atau bagi yang membawa anak bisa diajak  berjalan jalan ditepi pantai dengan naik andong atau cidomo.

Ketika kita berwisata kepantai Parang Tritis  sering kali wisatawan menghubung hubungkan dengan cerita legenda  Nyi Roro Kidul. Banyak orang yang percaya dan merasa takut ketika mendengar cerita yang penuh mysteri   tentang Nyi Roro Kidul penguasa pantai selatan. Konon katanya ratu pantai selatan ini sering minta tumbal. Apalagi ada yang menakut nakuti dengan mengatakan : “ kalau pergi ke Parang Tritis jangan mengenakan baju yang berwarna mencolok terutama yang berwarna hijau, berbahaya karena itu adalah warna kesukaan Nyi Roro Kidul, awas hati hati nanti bisa bisa  jadi tumbalnya Nyi Roro Kidul”.

Memang tidak bisa dipungkiri  karena  sering kita mendengar  berita dari TV, radio atau surat khabar dengan berita : “ Lagi lagi, Nyi Roro Kidul minta tumbal pengunjung pantai Selatan, hingga berita ini diturunkan jasad  para kurban belum diketemukan ”. Terlepas dari benar tidaknya cerita tersebut sebaiknya kita senantiasa positif thinking saja, safety first dan yang penting kita mesti extra hati hati karena pantai selatan memang sangat ganas ombaknya, sebaiknya tidak berenang ditempat yang terbuka dan terlalu ketengah karena sangat berbahaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar