Rabu, 10 April 2013

CANDI BOROBUDUR

Sebagai bangsa Indonesia sudah sepatutnya kita berbangga dan bersyukur memiliki candi Borobudur yang merupakan warisan budaya masa lalu yang tak ternilai harganya. Sebuah candi yang menjadi obyek wisata kelas dunia, yang pernah dijadikan salah satu diantara tujuh keajaiban dunia sejajar dengan menara Eifel di Perancis, Menara Pizza di Itali, Taj'Mahal di India, Great Wall di Tiongkok. sehingga tidaklah salah kalau ada yang mengatakan bila anda berwisata ke Jawa Tengah dan Yogyakarta belumlah afdol kalau tidak berkunjung ke Borobudur.

Untuk berkunjung ke candi Budha yang terbesar didunia ini sangatlah mudah, transportasi umum bus selama 24 jam melewati daerah ini. Kalau anda dari arah utara (Semarang) anda terus saja menuju ke arah Magelang jaraknya kurang lebih 95 Km. Kalau anda dari arah selatan (Yogyakarta) jaraknya sekitar 42 km.Kalau anda membawa mobil pribadi nggak usah khawatir tersesat  karena banyak rambu rambu petunjuk jalan yang akan membimbing menuju ke candi tersebut lagian anda bisa berhenti dimana anda suka, anda bisa mampir untuk mencoba mencicipi legitnya salak pondoh atau wajik ketan Ny. week.

Secara geografis candi Borobudur ini terletak di kecamatan Borobudur termasuk daerah tingkat II kabupaten Magelang, eks karesidenan Kedu sebelah selatan. Candi Borobudur ini berdiri diatas sebuah bukit yang dikelilingi gunung gunung yang besar.
  • Disebelah timur, dikelilingi Gunung Merapi dan Gunung Merbabu
  • Disebelah barat, dikelilingi Gunung Sumbing
  • Disebelah utara, dikelilingi Gunung Tidar
  • Disebelah selatan, dikelilingi pegunugan Menoreh yang membujur dari barat ke timur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar