Selasa, 23 April 2013

JEMBATAN SURAMADU


Obyek wisata yang bernama Jembatan Suramadu terletak di daerah Tambak wedi berdekatan dengan obyek wisata Pantai Ria Kenjeran, termasuk daerah Surabaya sebelah utara. Nama Suramadu ini merupakan singkatan dari Surabaya Madura, Jembatan yang  dibuat oleh pemerintah pusat bekerjasama dengan kontraktor dari Cina ini menghubungkan Surabaya (Jawa) dengan pulau Madura. Jembatan yang diresmikan oleh Presiden SBY beberapa tahun silam mempunyai panjang 5,4 kilometer yang membentang dari Tambak Wedi hingga desa Sekar Bungoh kecamatan Labang Madura barat. Jembatan ini mempunyai lebar 14,5 meter dengan dua jalur kiri kanan. dibagian tengah untuk kendaraan roda empat, bus, truk sedangkan untuk kendaraan roda dua dibuatkan jalur khusus di pinggir sebelah kiri dan kanan. Jembatan ini beroperasi 24 jam sehari.

Jembatan ini berfungsi sebagaimana jalan tol, jadi setiap pengguna jembatan harus membayar sesuai tarif yang ditentukan, untuk sepeda motor Rp.3.000,- sedangkan untuk mobil Rp.30.000,- termasuk penumpang untuk sekali jalan.

Dengan beroperasnya jembatan Suramadu ini semakin mempermudah dan mempercepat akses orang orang yang ingin berkunjung ke Madura atau sebaliknya, yang tadinya kalau menyeberang dengan menggunakan ferry membutuhkan waktu sekitar 45 ~ 60 menit sekarang dengan lewat tol Suramadu cukup 15 menit. Namun disisi lain keberadaan  jembatan Suramadu membawa dampak yang kurang menguntungkan bagi business penyeberangan atau kapal ferry yang ada disebelah baratnya, tepatnya di daerah Pelabuhan Kalimas, Tanjung Perak.

Tadinya sebelum adanya jembatan Suramadu setiap orang yang ingin menyeberang ke Kamal Madura harus sabar mengantri berderet menunggu berjam jam apalagi kalau lagi musim ramai yang oleh orang Madura istilahnya "Toron"  yaitu mudik dikala musim lebaran haji atau Idul Adha. Sekarang kondisinya terbalik  sangat sepi. Akibat dari business yang terus merugi ini sebagian dari kapal kapal kapal ferry itu  dialihkan ke Ketapang - Gilimanuk Bali atau ke Merak Bakahuni, sebagian yang lain di rombak disainnya dijadikan kapal wisata yang bisa disewa untuk acara seminar, ghatering ditengah laut sekitar perairan Madura - Gresik sambil menikmati sunset.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar