Rabu, 26 Desember 2012

MEMAHAMI HIKMAH DIBALIK MUSIBAH



Bapak Ibu yang dimuliakan Allah, marilah yang pertama tama kita memanjatkan puji syukur  ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan begitu banyak nikmat kepada kita diantaranya nikmat yang berupa iman dan Islam, nikmat  sehat dan kesempatan, oleh sebab itu mari kita syukuri  nikmat nikmat tersebut dengan senantiasa meningkatkan iman serta ketakwaaan kita kepada Allah SWT yaitu dengan menjalankan apa yang menjadi perintah perintah Allah dan berusaha sekuat tenaga  untuk menjauhi semua yang menjadi larangan Nya. Termasuk  pula mari kita tingkatkan iman dan ketakwaan yang bisa mengantarkan kita pada satu keyakinan bahwa  hidup  didunia yang hanya sekali ini merupakan ujian dari Allah, Allah menguji  kita karena ingin mengetahui siapa diantara kita ini yang paling baik amalnya, yang paling taat ibadahnya, paling bertakwa dalam menjalankan perintah Nya.

Bapak Ibu yang dimuliakan Allah kalau kita membicarakan perihal ujian hidup masih banyak kita jumpai orang Islam yang  belum memahami bahwa hidup ini adalah ujian,  dipikirnya yang namanya ujian itu cuma musibah yang  sifatnya yang susah susah,  yang sedih sedih, yang  sakit sedangkan yang enak enak seperti kaya, sehat banyak uang  itu bukan ujian, itulah sebabnya ada yang mengatakan : “ hidup ini ‘kan cuma sekali untuk apa dibuat susah susah “.Dengan tidak memahami hakekat hidup ini adalah ujian, maka akibatnya banyak  orang  Islam  yang  tidak lulus ketika menghadapi ujian tersebut terutama ujian  yang  berupa kenikmatan dengan kata lain banyak orang Islam yang jadi kufur nikmat. Nah orang yang kufur nikmat ini diancam oleh Allah dengan firman Nya : “ .......  inna adzabi lasadid ”. …………..sungguh siksa Ku amatlah pedih.

Bapak Ibu yang dirahmati Allah, oleh sebab itu pada pagi hari ini marilah kita mencoba untuk belajar  memahami tentang   hakekat ujian hidup ini, yaitu untuk  mencari jawaban apa maksud yang sebenarnya Allah menguji kita dan yang kedua bagaimana kita menyikapinya andaikata ujian itu datang kepada kita ?.

Bapak Ibu yang dirahmati Allah ujian hidup atau kita sering menyebutnya dengan istilah musibah adalah suatu keniscayaan yang tidak mungkin bisa kita menghindarinya, semua orang pasti mengalaminya, semua pasti dapat giliran satu persatu tidak terkecuali entah itu ringan atau berat, tergantung  Allah yang  menentukan sesuai dengan batas kemampuannya.

Ujian hidup yang sering kita konotasikan dengan suatu kejadian yang tidak menyenangkan, acapkali ditimpakan oleh Allah kepada kita secara mendadak, sehingga seringkali kita tidak siap untuk menghadapinya. Banyak contoh musibah yang datangnya mendadak dalam kehidupan kita sehari hari, coba kalau kita perhatikan bukankah sering kita lihat orang yang tadinya kaya raya kemudian menjadi miskin mendadak karena rumahnya ludes terbakar, bukankah sering kita melihat orang yang begitu dicintainya entah itu istri, suami, anak yang tadinya sehat tiba tiba mati karena kecelakaan, bukankah sering kita lihat petani yang sebentar lagi hendak  menuai padinya tiba tiba  rusak diserang hama . Hampir semua orang tidak menginginkan ditimpa musibah. (orang orang tua Jawa biasanya bilang : “ wis mandeko kono kono  wae “), namun mau bagaimana ? kita mau menolaknya  ? nggak bisa karena yang namanya musibah itu ketentuan Allah untuk menguji iman dan ketakwaan kita.

Kalau kita sering membaca dan mengkaji Al Qur’an tentunya kita akan tahu berita tentang kepastian bahwa setiap orang akan menerima ujian hidup. Dalam QS 2 : 155 Allah berfirman : “ Walanablu wannakum bisyai in minal khouf wal djuui  wa naqsin minal amwali wal angfusi watsamaraati wa basysyiri shshobirin” yang artinya  : “ Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah buahan. Dan berikan khabar gembira kepada orang orang yang sabar “

Barangkali timbul pertanyaan dalam pikiran kita untuk apa  Allah menguji kita sedangkan kita ini sudah beriman, taat dalam menjalankan ibadah ya shalat, puasa, bersedekah mengapa tidak orang orang kafir saja yang jelas jelas kufur nikmat ?

Bapak ibu yang dirahmati Allah ketika Allah menimpakan musibah kepada seorang hamba Nya bukan berarti Allah tidak sayang kepada hamba Nya namun  justru sebaliknya dengan ditimpakan musibah itulah Allah bermaksud mengangkat derajat iman dan ketakwaan kita. Allah bermaksud menyelamatkan kita dari siksa api neraka, terlebih Allah bermaksud memberi hidayah kepada hamba yang dipilih Nya. Dalam sebuah hadits Rasulullah SAW bersabda : “ Jika Allah menghendaki kebaikan kepada seorang hamba Nya maka akan ditimpakan kepadanya musibah, akan ditunjukkan aib dirinya dan akan dipahamkan akan urusan agamanya “.

Maksudnya hadits itu , kalau Allah menghendaki kebaikan pada kita maka Allah akan menimpakan musibah terlebih dahulu kepada kita, contohnya begini, Bapak Ibu pernah nggak kemalingan ? Ibu pernah kemalingan apa ? ya hampir semua kita pernah kehilangan entah kecil atau besar sedikit atau banyak. Pertanyaannya kenapa Allah kirim maling kerumah kita ? Apa sih gunanya maling itu ? kata para ulama maling iku gunane gawe njukuk amale wong sing gak eling. Jadi artinya kalau kita kehilangan mobil, motor, uang itu maksudnya Allah menunjukkan aib kita bahwa  amal sedekah kita  masih terlampau sedikit, kita masih  tergolong orang yang pelit makanya Allah mengingatkan kita dengan mengambil paksa harta kita. Jadi kalau barang barang kita hilang itu bukan berarti karena kita kurang hati hati dalam menyimpannya atau menjaganya tapi itu memang sudah menjadi skenarionya Allah agar kita bisa mengambil hikmahnya.  Allah bermaksud memberikan hidayah kepada kita bermaksud untuk mengangkat iman dan ketakwaan kita, jadi jangan bersedih, jangan menyalahkan anak ketika sepeda motornya hilang didepan warnet dengan ngatakan tidak hati hati. Orang yang iman takwanya sudah diangkat oleh Allah, kata Allah : “ Lakhoufun alaihim walahum layahzanun “. Tidaklah mereka takut dan bersedih hati. Dan masih banyak contoh contoh yang Bapak ibu bisa mengambil hikmah atau pelajaran dari setiap musibah. Marilah kita tetap berprasangka baik kepada Allah dan memohon semoga Allah akan menggantinya yang lebih baik atas musibah yang menimpa kita.

Bapak Ibu yang dirahmati Allah seperti saya sampaikan diatas bahwa setiap orang pasti akan mendapat giliran ditimpa musibah. Lha kalau giliran itu benar benar sampai pada kita lalu bagaimana cara menyikapinya ?  Didalam buku yang berjudul jiwa yang sehat karangan eks Direktur Utama Rumah Sakit Islam Surabaya yang juga  merupakan pakar psikolog memberikan tips  dengan mengatakan : “ ujian hidup itu adalah suatu keniscayaan yang tak dapat diingkari. Tak perlu lari yang diperlukan adalah antisipasi. Ujian itu adalah bagian  dari hidup itu sendiri yang memang kita perlukan juga sebagai sarana belajar agar kita menjadi lebih  tegar  dalam menjalani hidup. Jangan hadapi suatu musibah itu subyektif-emosional  yang akan menyebabkan kita selalu bersedih tapi hadapilah dengan obyektif – rasional dan realitas sehingga kita bisa mengambil manfaatnya ”.

Saya pernah punya pengalaman kehilangan motor ketika sholat maghrib dimasjid ini padahal pada saat itu motor  sudah saya kunci, ketika turun sholat motor saya raib dan maling yang saya cari tidak ketemu saya cuma bisa pasrah dan berpikir positif bahwa Allah  ingin mengganti motor saya dengan yang lebih baru, benar saja dalam tahun yang sama saya bisa membeli 3 unit motor yang baru. Alhamdulillah. 

Pada akhirnya sebagai kesimpulan dengan memahami setiap hikmah yang  terkandung dalam  musibah yang mendatangi  kita mari kita jadikan sebagai spirit untuk meningkatkan iman dan ketakwaan kita, janganlah kita terus bersedih hati ketika musibah menimpa kita, hadapilah dengan syukur dan sabar karena semua itu merupakan sunatullah,  tidak ada seorangpun yang mampu lari untuk menghindarinya.  Dan yakinlah  setiap persoalan pasti ada solusinya karena Allah telah menyampaikan dalam Al Qur’an  : “ setelah kesulitan pasti ada kemudahan “.

50 komentar:

  1. Balasan
    1. asalamu'alaikum warohmatullahi.wabarakatu...
      yulius daus daus dari Kota Banjarmasin salam kenal buat semuanya.sahabat-sahabat saya Tki dan Tkw.
      cerita yang benar- benar terjadi Asli nyata,100%. bukan rekayasa,Demi Allah Swt.benar-benar.nyata.
      kami ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang,Tki di malaysia jadi tki
      yg gajinya'tidak mencukupi keluarga dikampun jadi Tki itu sangat menderita dan disuatu hari saya duduk2
      buka facebook dan tidak disengaja'saya melihat.komentar orang tentan.mbah sumanto.dan katanya bisa membantu
      orang untuk memberikan'nomor toto podi 4d yg di berikan oleh mbah sumanto betul dan Benar2 jackpot dan kebetulan
      juga saya sering pasang.nomor toto 6d dan magnum 4d di ,akhirnya saya coba untuk menhubungi.mbah sumanto dan,
      Alhamdulillah,beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor toto dan magnum 4D, diberikan mbah sumanto memang
      betul2 terbukti jackpot 100%. dan saya sangat bersyukur berkat bantuan'mbah sumanto kini saya bisa pulang ke
      INDONESIA untuk melunasi semua hutang2 saya dan buka usaha sendiri.mungkin'saya tidak bisa.membalas budi
      baik.mbah sumanto sekali lagi makasih Banyak,mbah dan bagi teman2 yg menjadi TKI atau TKW seperti saya,bila butuh
      bantuan Hub.mbah sumanto di No Tlpn 085313331069 atau (+62853-1333-1069) insya ALLAH beliau akan membantu anda.ini benar
      benar kisah nyata dari saya Ngatemi feriy iraan tki malaysia...Semoga barmanfa'at'kpd sahaat-sahabat yang
      membutuhkan Insya Allah,jangan ragu jangan takut sudah terbukti banyak.orang yang sukses.kalau mau bukti hubungi sekarang..
      https://pesugihanjawagunungkemukus.blogspot.co.id/

      Hapus
    2. Assalamualaikum wr.wb.
      Perkenalkan nama saya iswahyudi ini 100% kisah nyata yg terjadi pada saya.

      Kejadian di surabaya,thn 2017
      Pada saat itu lagi asik asiknya nongkrong bareng temen22 sampai larut pagi,gak terasa kmi ketiduran,sekitar jam 6 saya terbangun,eh hp kita semua hilang ke curian,

      Kejadian ke 2 gak selang dari 1 bln,saya kena tipu dri media online transfer uang 2 juta,barang gak datang.

      Kejadian ke 3,hp saya hilang lagi,di bawa kabur sama temen kos sendiri,(saran buat anak kos lebih hati22,pencurian bukan dari niat tapi dari kesepatan)

      Dan kejadian berikut yg paling buat saya stress,terjadi pda tahun 2019 bln 8 tgl 17,waktu jam 12 malam di semarang,saya kena tipu uang 12 juta hangus.yg mengaku temen saya minta tolong,transfer uang,saya sebagai temen yg baik ya saya bantu,eh ternyata kena tipu.Ya Allah.

      Saya berupaya tegar,meskipun ambyar,mungkin semua sudah kehendak yg di Atas (Allah,)
      Kesimpulanya saya harus lebih hati hati dan selalu waspada,dan jgn mudah percaya.

      Ini pengalaman saya,semoga pengalaman saya bermanfaat bagi temen22 semua.
      Terimakasih.


      Wa'alaikum salam wr.wb

      Hapus
    3. 2019 kan skrng baru bln 3

      Salah tulis apa Gmn?

      Hapus
    4. 2019 kan skrng baru bln 3

      Salah tulis apa Gmn?

      Hapus
  2. Mgk saat ini kajian diatas sgat tepat utk saya.musibah dan ujian datang silih berganti.bhkan blm sempat selese masalah yg 1 dtg lg mslah yg ke 2,bgtu seterusnya.
    Smp di bulan ke 4 dithn ini 2015,alhmdlh blm ada kabar gembira yg mampir ke telinga saya,subhanallah....
    Ya Allah ya Robb,kuatkan kami utk menjalani ini smw.beri kami rahmatMU...
    Semoga kami mmg adlh slh1 dari hambaMU yg KAU pilih utk menerima hdayah dariMU,amin allahuma amin......

    BalasHapus
  3. Iya saya juga demikian.cobaan silih berganti menghampiri saya.awalnya saya kehilangan motor saat dikosan .saat pulang kuliah.kemudian hari saya ditipu sebuah toko online.dan uang tersebut cukup banyak dimata saya karna hasil dari mengumpulkan dan menyisihkan uang saku.kemudian helm,leptop,yg kemarin hape dan dompet saya diambil orang didalam jok motor.yaAllah kuatkan hamba ,kadang saya berfikir kenapa cobaan silih berganti pada saya.semoga dikemudian hari saya bisa sukses dan allah menaikan derajat dan iman saya..

    BalasHapus
  4. Iya saya juga demikian.cobaan silih berganti menghampiri saya.awalnya saya kehilangan motor saat dikosan .saat pulang kuliah.kemudian hari saya ditipu sebuah toko online.dan uang tersebut cukup banyak dimata saya karna hasil dari mengumpulkan dan menyisihkan uang saku.kemudian helm,leptop,yg kemarin hape dan dompet saya diambil orang didalam jok motor.yaAllah kuatkan hamba ,kadang saya berfikir kenapa cobaan silih berganti pada saya.semoga dikemudian hari saya bisa sukses dan allah menaikan derajat dan iman saya..

    BalasHapus
  5. subahannallah... saya sedang dapat musibah juga, tapi setelah melihat komentar yang ada, ternyata musibah kehilangan saya masih termasuk dalam hitungan kecil...
    http://masterbona.heck.in

    BalasHapus
  6. assalamualaikum wr.wb
    subahanallah, allah masih sayang sama kami.
    hari rabu ,tgl 11-11-2015 tepatnya perkiraan jam 02:00 wib dini hari.kami di kejutkan dengan adanya maling yg masuk ke kediaman saya. uang tunai 10 jt berikut emas dan hp. bisa di taksir total semuanya 18 jtan kurang lebihnya.. dan alhamdulilahnya allah masih sayang sama kami sehingga kami pun bisa tertidur pulas,,, sungguh sya tdak bisa berkata kata lagi..,, rencana itu uang buat persalinan calon anak pertama kami. tp yah allah berkehendak lain.. sya berserah diri sama yg maha pencipta, bahwa bakalan ada hikmah yg akan terjadi nanti di kehidupan kami,. dan alloh akan membalas semuanya. dan melipat gandakan semua itu.. amin yarobalalamin.

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. 1 minggu ini mengalami kejadian di rumah kehilangan uang di dlm dompet (rmh yg berisi saudara sdh dianggap seperti (adik).) akan tetapi ada orng msk di luar saudara setiap kejadian hilang,(teman dr saudara yg suka di ajak nginap dirumah) Haruskah saya bertanya langsung beritahu kejadian ini kpd saudara dan teman saudara saya? Kenapa kejadian ini berulang kpd sy dlm 1minggu. Tidak banyak kehilangan kejadian pertama 100rb, kejadian semalam 200rb . Semoga Allah memberikan kesyukuran dan kesabaran kpd saya. Menggantinya yg lebih besar dr pd ini. Dan pelaku di berikan hidayah dan rahmad Oleh Allah agar tidak melakukan hal seperti itu lagi.. Amiin 08.03.2016

    BalasHapus
  9. 1 minggu ini mengalami kejadian di rumah kehilangan uang di dlm dompet (rmh yg berisi saudara sdh dianggap seperti (adik).) akan tetapi ada orng msk di luar saudara setiap kejadian hilang,(teman dr saudara yg suka di ajak nginap dirumah) Haruskah saya bertanya langsung beritahu kejadian ini kpd saudara dan teman saudara saya? Kenapa kejadian ini berulang kpd sy dlm 1minggu. Tidak banyak kehilangan kejadian pertama 100rb, kejadian semalam 200rb . Semoga Allah memberikan kesyukuran dan kesabaran kpd saya. Menggantinya yg lebih besar dr pd ini. Dan pelaku di berikan hidayah dan rahmad Oleh Allah agar tidak melakukan hal seperti itu lagi.. Amiin 08.03.2016

    BalasHapus
  10. Memang ketika mendapatkn musibah rasanya begitu berat, spt kematian anak sy yg sdg lucu2nya, disaat cinta dan kasih sayang tercurah untuknya, tiba2 Allah mengambilnya, tapi disitulah ujiannya, karena kt tdk pernh th apa hikmah dibalik sebuah musibah !

    BalasHapus
  11. saya baru saja kemalingan saya hanya bisa pasrah kepada Allah swt..

    BalasHapus
  12. Aamiin .semoga musibah ini menjadi ladang pahala terutama buat bapak dan ibu sy yang baru saja mengalami kehilangan

    BalasHapus
  13. Saya pernah kehilangan motor pada sholat subuh,,,rasanya kaget sekali... tapi semuanya saya serahkan kembali kepada Allah swt, karena saya tau bahwa rizki jodoh dan maut. Itu semua rencana allah,,,saya berharap Allah akan memberikan pengganti yg lebih baik...lagi amin.

    BalasHapus
  14. Saya pernah kehilangan motor pada sholat subuh,,,rasanya kaget sekali... tapi semuanya saya serahkan kembali kepada Allah swt, karena saya tau bahwa rizki jodoh dan maut. Itu semua rencana allah,,,saya berharap Allah akan memberikan pengganti yg lebih baik...lagi amin.

    BalasHapus
  15. kemarin tepatnya hari jum'at sy baru di berikan bonus dari kantor,alhamdullialah sy sangat senang karena memang sy sedang sangat membutuhkan uang itu , tapi ketika sy bersiap2 mw pulang kantor sore harinya, uang itu sudah tidak ada, sy tidak tau entah diambil orang atau jatuh dimana. tapi sy ikhlas insyaallah allah akan menggantinya dengan yg lebih

    BalasHapus
  16. Subhanallah, Allah telah memberikan hidayah, Allah sayang kpd hamba-Nya, hari saya diuji sungguh luar biasa sebagai ahli hukum pidana di Ditkrimsus saya diingatkan dengan ujian tak disangka pakar hukum pun masih bisa jadi korban penipuan, jumlah kerugian materil saya pun ditaksir cukup bnyak, ini menunjukkan bahwa Hidayah dan Ujian Allah tak akan terhindarkan siapapun Hamba-Nya. Ikhlas prtma kali hati saya berkata, artikel ini ckup mmbantu pnyejukan Qolbu dihati saya, sekalipun proses hukum berjalan saya sudah berserah diri dan ikhlas atas kerugian materi, saya yakin Allah akan mengangkat derajat hamba-Nya yang beriman. Amin.

    BalasHapus
  17. Subhanallah, Allah telah memberikan hidayah, Allah sayang kpd hamba-Nya, hari saya diuji sungguh luar biasa sebagai ahli hukum pidana di Ditkrimsus saya diingatkan dengan ujian tak disangka pakar hukum pun masih bisa jadi korban penipuan, jumlah kerugian materil saya pun ditaksir cukup bnyak, ini menunjukkan bahwa Hidayah dan Ujian Allah tak akan terhindarkan siapapun Hamba-Nya. Ikhlas prtma kali hati saya berkata, artikel ini ckup mmbantu pnyejukan Qolbu dihati saya, sekalipun proses hukum berjalan saya sudah berserah diri dan ikhlas atas kerugian materi, saya yakin Allah akan mengangkat derajat hamba-Nya yang beriman. Amin.

    BalasHapus
  18. Kehilangan barang harta benda bs dicari lg....tp klo kehilangan org yg sangat dicintai.itu yg terberat...ygvmati tak pernah lg hidup hingga di hr kebangkitan..dimana saat itu semua org sdh tdk lg mikirin org lain...artibya yg sdh meninggalkan kita ga akan tergantikan selamanya...itu yg tersulit move on...ternyta ikhlas itu tdk mudah ketika Allah sang pemilik mengambil kembali apa yg sdh dititipkan

    BalasHapus
  19. Saya banyak mendapatkan cobaan terus menerus dimulai saya kehilangan pekerjaan saya, tak lama suami meninggalkan saya ketika hamil,tidak dinafkahi, saya difitnah orang,saya sulit mendapatkan pekerjaan dan baru kemarin saya ditipu dan kehilangan sejumlah uang yang menurut saya cukup besar, saya sisihkan uang dengan susah payah berjualan kecil kecilan untuk biaya anak. Tapi Allah sangat sayang kepada saya hingga saya bisa tetap kuat mengahadapi cobaanNya. Semoga Allah mengganti segala kesusahan dengan kemudahan serta memberikan semua yang jauh lebih baik dari sebelumnya. Amin

    BalasHapus
  20. Saya banyak mendapatkan cobaan terus menerus dimulai saya kehilangan pekerjaan saya, tak lama suami meninggalkan saya ketika hamil,tidak dinafkahi, saya difitnah orang,saya sulit mendapatkan pekerjaan dan baru kemarin saya ditipu dan kehilangan sejumlah uang yang menurut saya cukup besar, saya sisihkan uang dengan susah payah berjualan kecil kecilan untuk biaya anak. Tapi Allah sangat sayang kepada saya hingga saya bisa tetap kuat mengahadapi cobaanNya. Semoga Allah mengganti segala kesusahan dengan kemudahan serta memberikan semua yang jauh lebih baik dari sebelumnya. Amin

    BalasHapus
  21. Kami skeluarga jg bru kmalingan..,uang 23jt,dn itu bukn uang kami lptop yg bs d blg adlah lahan krja suami dn sdikit emas kpunyaan ank..sedih bukan kpalang..stelah mnbaca kolom d atas saya akan berusaha unruk tidak sedih lagi..,dan smga Allah mnaikan derajat iman kami skeluarga..amiiin

    BalasHapus
  22. Kami skeluarga jg bru kmalingan..,uang 23jt,dn itu bukn uang kami lptop yg bs d blg adlah lahan krja suami dn sdikit emas kpunyaan ank..sedih bukan kpalang..stelah mnbaca kolom d atas saya akan berusaha unruk tidak sedih lagi..,dan smga Allah mnaikan derajat iman kami skeluarga..amiiin

    BalasHapus
  23. Assallamualaikum.....
    Saya juga baru mengalami penipuan online,uang yg raib sekitat 10 jt.saya berfikir ini adalah ujian dari allah untuk mengingatkan saya.dan saya terus berusaha untuk sabar dan iklas,tpi ternyata tidak mudah,ketika saya sudah mulai mengiklaskanya saya pasti akan tringat kembali kejadian ini.tapi saya terus berusaha untuk brsabar dan mengiklaskanya.mungkin allah punya rencana lain yg lebih baik untuk saya.mungkin ini teguran dari allah bagi saya untuk terus selalu mengingat dan bertawakal kepadanya.....

    BalasHapus
  24. Assalamualaikum..
    Saya juga baru kehilangan motor selepas pulang sekolah. Bukan kehilangan motor sih ,tapi saya pas pulang sekolah saya dijalan dibegal sama seorang pria asing yg tak dikenal ,saya di pukul kepala nya lalu diambil lah motor saya , setelah kejadian itu,saya pasrah kepada Allah. Mungkin ini cobaan bagi saya. Tapi saya iklas kehilangan motor itu

    BalasHapus
  25. assalamualaikum. sy br kejambret hndphone d depan rumah sekitar pukul 21.00 malam, kejadian saat akan berangkat kantor, sakit hati.saya dengan cara penjmbret yang melukai Saya lalu mengambil paksa handphone. semoga Allah memberikan rezeki,berkah dan iman yang kuat pada Saya

    BalasHapus
  26. Assalamungalikum.. Pada bulan ini juga saya zsudah menjadi korban penipuan dengan modif paket dari luar negri, saya kehilangan uang yg banyak buat saya,RP 48 juta dari hasil tabungan dan pinjam sodara. Sehari setelah saya tau jadi korban penipuan saya sangat sedih, marah, menyesal jd satu. Sy jadi terpuruk tapi hanya dengan mengingat allah sangat membantu saya mengendalikan perasaan itu. Saya banyak mencari artikel cara menghadapi ujian. Alhamdulilah bisa menemukan hikmah dan membuat saya ingin mendekat kepada Allah. Di balik ujian ada hikmanya dan saya yakin sesudah kesulitan ada kemudahan.

    BalasHapus
  27. Apapun ujian dan cobaan kita hari ini...Marilah kita tetap bersabar dan ikhlas..tetap berprasangkah baik kepadanya...kareana dialah prmilim dan pengatur alam semesta ini...Allah akan menggantikan setiap kesusahan menjadi kemudaha....Masya Allah

    BalasHapus
  28. MasyaAllah..sy yakin Allah jg yg menuntun sy unt membaca artikel ini, insyaallah dgn berbagi crita sy jg bs mengikhlaskn kejadian hr ini. Niat hati ingin menfasilitasi kegiatan bljr ank walaupun nyicil dgn terseok2 dpt angsuran ke7 laptop hilang begitu saja didalam rumah. Ya allah sesak rasany dada ini,belum lg g tega ingat senengny ank sy siang td pas ngitung uang hasil dia dagang kaos eh hny dtggal tdur 1/2jam sdh raib dbw pencuri. Smoga allah mengganti rejeki anak2 yatim itu dgn berlipat ganda..aamiin

    BalasHapus
  29. Ass...
    Saya baru saja kena tipu.
    Uang hasil kerja saya yg menurut daya besar habis diambil penipu. Hati hati dengan penipu. Jujur saya merasa kehilangan sekali karna uang itu untuk biaya saya kuliah eh gx taunya hilang begitu saja. Dengan modus undian berhadiah. Uang di atm saya habis di ambil. Udh mah saya tidak kerja.
    Sekarang saya bingung harus biaya kuliah pke uang dari mana...?
    Semoga Allah memberikan rizki yg berlimpah kepada saya. Dan untuk si penipu semoga diberikan balasan yg setimpal

    BalasHapus
  30. Ass...
    Saya baru saja kena tipu.
    Uang hasil kerja saya yg menurut daya besar habis diambil penipu. Hati hati dengan penipu. Jujur saya merasa kehilangan sekali karna uang itu untuk biaya saya kuliah eh gx taunya hilang begitu saja. Dengan modus undian berhadiah. Uang di atm saya habis di ambil. Udh mah saya tidak kerja.
    Sekarang saya bingung harus biaya kuliah pke uang dari mana...?
    Semoga Allah memberikan rizki yg berlimpah kepada saya. Dan untuk si penipu semoga diberikan balasan yg setimpal

    BalasHapus
  31. 3 bulan lalu sya kehilangan uang amplop di pernikahan saya. Sudah dipastikan itu diambil maling karna memang pembuka kotak berada di posisi belakang bwah kotak dan dgn keadaan terbuka.. Memang itu bukan uang saya tp kasihan orang tua saya.. diperkirakan uang yg hilang skitar 20-30jt an.. uang utk membayar hutang2 yg blm lunas, cm bs ngucap istigfar aja.. hadapi dgn senyuman :) dan belum lama ini motor saya jg baru hilang kebetulan jg ketika sedang dipakai orang tua saya.. tp tetep yakin itu smua pasti ada hikmahnya ☺

    BalasHapus
  32. sy jg terkena penipuan bisnis dgn teman dekat suami. uang sebesar 44 jt melayang..pdhl itu uang tabungan anak2 dan hasil menggadai. semoga Allah ganti dgn lebih baik nanti. Aamiin

    BalasHapus
  33. Alangkah tidak berdayanya saya, ketika saya menilik kebelekang, begitu banyak sekali musibah yang saya dapati, pada belum genap 6 bulan dari kehilangan motor saya, kemudian saya kehilangan sepatu yang diberikan oleh kekasih saya, didepan kosan, sebulan setelahnya saya terkena musibah lagi dengan cara yg berbeda, saya terkena tipu melalui media sosial, baru dua hari saya kena tipu, saya terkena musibah kembali, kali ini hape saya yang menjadi objeknya. Sungguh saya teramat bingung dan gusar, apakah memang Allah sangatlah menyanyangi saya sehingga memberikan musibah yang banyak bagi saya? Ataukah memang saya, yang teramat kolot dengan tidak bisa mengambil hikmah dari satu rangkaian kejadian, sehingga bertambah rangkaian kejadian satu dengan yang lainnya. Dan juga saya sangatlah gusar, dengan kejadian yang saya alami, dapatkah dikategorikan sebagi musibah? Ujian? Atau azab yang diberikan oleh-Nya? (mohon jawab siapapun yang memahami dan mengerti kegelisahan serta pemikiran saya)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu adl ujian sobat.
      Sabarlah spt sabarnya Nabi Ayub ketika diuji oleh Allah...

      Hapus
  34. Sudah jatuh tertimpa tangga begitulah peribahasa yg menggambarkan kondisi saya dan suami sekarang ini, mobil di sewa org dan sudah 2 bulan ga ada kabarnya, saya dan suami hrs bertanggung jawab kepada pemiliknya dgn membayar cicilan bulanannya,dgn adanya masalah ini, suami saya jd kurang semangat dlm bekerja akhirnya banyak cicilan yg blm diselesaikan sampai jd tunggakan blm lagi tagihan bulanan yg setiap bulannya harus di selesaikan, saat ini kondisi saya sedang hamil 8 bln, saya hanya berharap keajaiban dari Allah untuk membantu menyelesaikan semua permasalahan yg ada..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sabar ya kawan.
      Sabarlah spt sabarnya Nabi Ayub ketika diuji oleh Allah...

      Hapus
  35. Saya pun begitu.. Baru dua hari yang lalu saya ditipu oleh orang.. yang nilai kerugian saya 8,6jt, modus penjahat dengan membeli barang saya via OLX,saya lalai dan sewaktu COD ditipu seolah2 dia sudah transfer uang,sembari menunjukan bukti transfer yg ternyata palsu, karena saya percaya saja, saya kasih barang saya dan barang saya di bawa kabur.. Tapi bagi saya itu adalah sentilan dari ALLAH SWT bagi saya karena dosa2 yang dahulu pernah saya perbuat.. Astagfirullah ...

    BalasHapus
  36. Saya juga. Begitu... Niat ingin beli tanah kavling buat masa depan tapi... Suratnya palsu.. Hasil saya nabung 5 th.. Pertama mengetahui masalah ini sangat menyesal sedih... Tp semua ku serahkan kpd Allah... Sudah ke pihak kavling cuma di kasih janji uangnya di kembalikan.. Semoga bisa cepat selsai masalah ini aminn...

    BalasHapus
  37. Saya juga sama.. 3thun ini musibah datang.. Silih berganti.. Baru saja kmaren minggu tgl 02september 2018 skitar jam 10:32 menit.. Motor saya di maling orang... Hilang begitu saja... Rasa kesal kaget.. Gk kebayang.. Motor yg biasa sebagai alat transportasi saya kerja... Sedih banget.. Smoga saya segera dapat ganti nya yg lebih baik menurut Allah SWT.. AAMIIN...

    BalasHapus
  38. Saya juga habis terkena musibah 1 hari yang lalu,saya kena tipu 300 ribu transfer pulsa dengan ancaman bahwa adik saya masuk penjara gara2 narkoba pas saya pulang dari beli pulsa saya kaget bahwa adik saya bru pulang sklh malahan adik saya wajah senang lagi dan seketika langsung lemas aku,kalo itu uang saya ndapapa masalahnya itu uang ibu saya dan smp hari saya masih kepikiran,mungkin tuhan maha adil dan rasa kesel pun juga ada semoga saya segera dapat ganti ruginya untuk ganti uang ibu saya

    BalasHapus
  39. Assalamualaikum..sekedar berbagi kisah semoga bermanfaat, ini saya alami sendiri, saya seorang ibu muda, saya menikah tahun 2009,saya terlahir dr keluarga broken home, awal pernikahan kehidupan saya berjalan biasa, thn 2010 saya melahirkan anak pertama, disini masalah mulai mncul, krn saya hidup menumpang mertua dan adik ipar yg setelah menikah sering trjadi konflik, saya difitnah dihina, dicaci bahkan pernah sampai harus pergi dari rumah, disaat yg bersamaan suami saya diganggu dgn adanya WIL, saat itu saya benar2 merasa terpuruk, ketika tdk ada teman dan saudara utk berbagi, tp saya ingat Allah, saya hanya yakin dibalik semua ini pasti ada hikmah, saya mencoba bersabar, dan trnyata Allah mendengar doa2 saya, tahun berikutnya, saya dan suami mampu membeli rumah sendiri walaupun dgn cicilan lwt hutang, tp setidaknya sudah bisa pisah dr mertua, dan skrg keluarga kami bahagia, hubungan dgn mertua dan ipar pun Alhamdulillah baik, intinya kita harus bersabar atas segala cobaan, memang sulit, tp ketika kita ikhlas maka Allah akan menggantinya dgn sesuatu yg kadang diluar dugaan kita, terimakasih, Wassalamualaikum wr wb

    BalasHapus
  40. Saya baru saja kena.tipu online saat itu saya marah.kesal.kecewa..tapi saya berfikir semua kejadian di atas dunia ini atas kehendaknya dan di balik musibah pasti ada hikmahnya

    BalasHapus
  41. Saya baru saja kena tipu hari ini,melalui via tlpon yg meng atas namakan orang bank,,dan uang saya di tarik dri rekening sebesar 4 juta rupiah.marah,kecewa,nangis,bahkan mengumpat kepada diri sendiri.
    Tpi saya sadar ini adalah ujian yg di berikan kepada allah,,mungkin,di dlm harta yg saya miliki,,ada hak orang yg blm aku berikan,tpi kenapa allah memberikan ujian,di saat kita benar2 mendekat kan diri kepada nya,,karna saya dengan sadar selama ini sebagai seorang yg beragama islam,bahkan saya melalaikam kewajiban saya dgn meninggalkan sholat,tpi setelah saya berusaha utk bisa melaksanakan sholat,dan mendekat diri kepada allah,justru allah memeberikan ujian,,selama saya lupa pada nya justru saya di berikan,kenikmatan.apa saya termasuk yg kufur nikmat kah,saya juga ada mengeluarkan zakat,atau mungkin harta yg saya dapat,belum sebanding dengan yg saya keluarkan di jalan allah???

    BalasHapus